Step By Step Facebook Funnel


 
Sebelum memulai pembahasan tentang gimana cara gw memaksimalkan funnel fb ads, ada baiknya temen2 harus tau Cara ini ribet, ya ribet karena belum terbiasa kalau sudah terbiasa tidak se-ribet kelihatannya
 
Beberapa waktu lalu salah seorang sahabat gw komplain katanya cara gw terlalu ribet, beda dengan cara dia yang tinggal ngiklan langsung “JOS MARKOJOS”
Gw bilang ke dia kalau cara ngiklan cuman ‘hit n run’ semua orang juga bisa Misal ngiklan objective PPE masukin targeting iklan pasang budget gede terus running, terus tinggal deh
Prinsip seperti itu juga yang tak lakuin kurun waktu beberapa tahun lalu waktu bermain clickbank, hasilnya? Gw cuman ternak akun terus
intinya ‘main massal’ masalah hasil jangan di tanya… Yg pastinya gede
[? Sticker]Nah dari sekian method akhirnya gw menemukan sebuah alur…
Sebuah pattern yanh menurut gw masih works sampe skrg yaitu facebook funnel
Sebelum memulai funneling tentukan GOAL kamu terlebih dahulu, apakah sekedar visitor, lead atau sales?
Sudah tentukan goalnya?
Good!
 
Saya akan ambil contoh, jika goal saya adalah sales/purchase Disini saya akan membuat funnel yaitu
VC = View Content
ATC = Add To Cart
PUR = Purchase

Sebenernya masih banyak variabel yang bisa kita gunakan tapi 3 diatas cukup
Nah jika anda menggunakan platform teespring, gearbubble atau shopify Usahakan membangun pixel berdasar ‘event’ yang kita bangun itu audience berdasar event
Nah gimana cara membangun audience berdasar event? Pada bagian create audience pilih custom combination 
 
Di bagian url di klik aja nanti akan muncul ‘event’
Kalau menu event belum muncul anda harus mancing mania dulu di website, dengan cara melakukan purchase sendiri atai dengan dummy payment 
 
Karena memang jika akun fb ads dan pixel anda baru fitur event ini tidak akan muncul jadi harus dipancing dulu biar keluar
Nah jika sudah muncul maka, anda bisa membuat custom audience per-event VC, ATC, PURCHASE Cara saya membuat CA (custom audience) seperti ini:
– VC No ATC (VC exclude ATC)
– ATC No Pur (ATC exclude PUR)
– Purchase (No Exclude)

Apa maksud exclude disini? Kita menyingkirkan orang2 yg sudah mengunjungi suatu event tertentu
Maksudnya gini orang yang sudah mengunjungi LP kita (VC) akan di bedakan dengan orang yang sudah klik tombol buy (ATC) dan begitu juga dengan orang yang PUR (Purchase)
 
Jadi setiap visitors punya kategorinya masing2, sehingga tidak tercampur dan kita bisa leluasa membuat iklan retargetingnya
 
Jika anda main ol shop atau misal produk digital dan ingin menggunakan 1 pixel berdasar event silahkan gunakan fitur product catalog di Business Managet facebook, gunakan file csv untuk upload produk anda 
 
Nanti setiap produk akan mempunyai unique id masing yang nantinya bisa anda gunakan
Cara gunakannya pilih eventnya lalu gunakan content id lalu masukan kode number produknya
Ok ini adalah persiapan awal memulai proses funnel, get ready karena proses berikutnya lebih ribet bagi anda yang belum terbiasa
 
Anggaplah teman2 disini akun Facebook ads dan pixel masih baru
Kita disini investasi di “Pixel”
Jadi jangan beranggapan kalau iklan belum ada sales atau leads kita lagi buang2 duit
A BIG NO
 
Mau kamu ikut course atai WS manapun yg paling utama adalah pixel
Gw pernah beli produk digital studi kasus live bagaiaman dia menghasilkan $20k/week Memang betul hasilnya, tapi dia ga cerita kalau pixelnya sudah matang
Inilah missing puzzle-nya
 
Paham yah? Kita lagi ga buang duit tapi investasi di pixel
Ok kita mulai lagi bahasannya, Gw membagi campaign gw menjadi 3 yaitu:
– P1 (engagement and virality)
– P2 (optimasi)
– P3 (scale up)
Biasanya 3 objective tersebut – P1 – PPE (boost your post)
– P2 – CTW atau PPE optimasi link click
– P3 – WC (website conversion)
Paham? Good
 
Oke gw cerita step by step cara gw memulai sebuah campaign, semua fb advertiser punya gayanya masing2 termasuk gw Jadi ini cara yg gw lakuin persis
Cara ini sempet gw gunain di akun fb ads dan pixel baru, dan dengan modal 5 juta di awal (pake cc adek gw) bisa menjadi 5 digit kurang dr 28 hari Ini biar jadi penyemangat aja haha… Ga usah tau nominal aslinya biar gw dan teman2 dekat aja yg tau

Artinya apa? Sistem ini works meskipun menggunakan akun baru
Ok ini dia step by stepnya
Setelah memutuskan produk/offer yg ingin di pasarkan
Gunakan campaign P1 (PPE) untuk mengetes apakah produk kita diminati audience atau tidak, kalau bermain di niche baru saya biasanya lsg testing beberapa produk dan lempar aja ke market, produk mana yg paling disukai 

Lalu biarkan 3-4 hari, dengan budget $10/day dan tutup dashboard fb aja
Setelah 3-4 hari di cek apakah ada konversi atau tidak? Kalau belum ada, cek di komen apakah positif atau tidak? 

Lalu cek lagi manakah adcopy atau produk yg paling menonjol
 
Bagi gw ketika launch campaign di P1 gw ga mengharapkan sales, gw anggep kalo sales itu cuman bonus aja
Dan biasanya sebagian orang disini udah mulai gelisah dan ga pede dengan campaignya
Nah disinilah mindset dan mental anda dilatih, belajar kontrol emosi dan maksimalkan data yang diberikan oleh facebook
 
Nah setelah ini lihat kembali ke tab audience berapa audience VC, ATC atau PUR?
Berapa audience yg anda dapatkan? Biasanya tahapan ini VC masih rendah dan ATC sangat sedikit
Nah di tahap ini gw turunkan P1 menjadi $5/day Kenapa ga di kill? Karena gw ingin engagement dan viralitynya tetep jalan
Disini gw akan masuk tahap P2 di tahapan ini gw ngejar sebanyak2nya audience VC dan ATC 
 
dengan menggunakan objective CTW Sebelum anda bertanya “kenapa ga gunain WC optimasi untuk VC?”
Karena berdasar pengalaman saya costnya jauh lebih mahal WC haha… So i stick with CTW
Sekali lagi gaya advertising tiap org beda2
Berapa audience yang tak kejar? Untuk VC, ATC min 100
Lagi2 kalau ada sales pada tahapan ini gw anggep sebagai bonus Dan Lagi2 mental + mindset diuji disini
Biasanya kalau ada sales yg masuk lsg tak puterin di campaign
Nah, gimana kalau sudah dapat min 100 VC atau ATC?
Sudah saatnya anda masuk tahapan berikutnya yaitu P3
 
Di P3 ini saya membagi menjadi 2 objective yaitu: – Optimasi yang mendalam
– Scaling up campaign
Jadi GOAL gw disini adalah optimasi untuk mendapatkan ROI dan scale gila2an
Setelah mendapatkan min 100 VC disini gw biasanya buat LAA berdasar VC tersebut..
Objective gw adalah WC VC -> ATC apa maksudnya?
Nah disinilah proses funneling dimulai… Maksudnya adalah WC VC optimasi untuk mendapatkan lebih banyak ATC
Biasanya di campaign ini ROI udah mulai kerasa
“kak, Kenapa ga langsung optimasi Purchase aja? Bukannya lebih banyak sales jadinya…”
 
Jadi gini dek, bisa aja optimasi langsung purchase tapi engine facebook akan bekerja ekstra keras untuk mencapai goalnya
 
Jadi pelan2 aja asal balap – kata downline International Andika tri saputra
Disini gw ingin memperingan kerja facebook ga main langsung hajar Sekali lagi gaya advertiser beda2 ok?
Nah setelah mendapatkan ATC yg banyak baru bisa buat LAA dari audience ATC Nah kali ini gw buat adset baru di campaign yg sama tapi objective kali ini adalah WC ATC optimasi ke Purchase
 
Nah kalau produk/offer anda bagus biasanya di tahapan ini nda sudah bisa mulai menikmati ROI yg nikmat dan bisa mengganti hari2 dimana iklan anda boncos
 
Dan di tahapan ini pula lah, pixel anda sudah memahami keinginan anda dan dia dengan senang hati mencarikan audience yang mau membeli produk anda.
 
What next? Tinggal anda scale gila2an, bisa masukin produk baru lagi atau gali interest lebih dalam lagi
 
Its your choice
Listen up, apa yg gw kasih disini blueprint and it will seriously make you money Keliatannya sepele, tapi coba deh dipraktekin…
Wah ada yg kelewatan, jika sudah dapat banyak audience PURCHASE ini bisa gw buat LAA untuk produk yg sama atau produk yg masih related, tapi bedanya disini optimasi ganti ke purchase
 
Biasanya pada tahapan ini pixel anda sudah mulai mature/dewasa/mateng
Oh iya, untuk campaign hanya campaign P2 yang tak matikan sisanya P1 tetap jalan, karena ingin ngejar engage dan viral sehingga meningkatkan nilai social proof
 
[? Sticker]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.