Berkenalan Dengan Diri Sendiri



"Orang yg mengenali alam semesta tetapi tidak memiliki pengetahuan tentang dirinya sendiri sama saja dengan tidak tahu apapun (jean de la fontain) "
Suatu hari ada orang mengetuk pintu dr luar .. tok tok tok
"Siapa disana?" Yg di dalam bersuara
Dgn spontan orang yg mengetuk pintu tadi menjawab "saya, pak"
"Siapa kamu?" Tanya lagi
"Saya amir pak"
"Oh, namamu amir?"
"Benar pak"
"Aku tidak bertanya namamu, aku bertanya siapa kamu?" Nada suara makin meninggi
"Oh saya anak bapak rudi pak" jawabanya terdengar bingung
Dengan pertanyaan yang sama orang di dalam menanyakan lagi "aku tidak bertanya siapa orang tua kamu, yang aku tanyakan siapa kamu?"
Amir pun semakin bingun apa yang harus dia jawab, ia pun berkata "saya mahasiswa fakultas hukum pak"
"Aku tidak menanyakan apa jurusanmu! Aku bertanya siapa kamu?"
Hingga akhirnya amir pergi karena tersandung oleh sebuah pertanyaan yang sederhana: siapa dirinya yang sebenarnya?
Itu tadi kisah tentang seseorang yang bingun ketika ia ditanya siapa dirinya. Ia tidak mengenali dirinya sendiri, justru ia menjawab tentang apa saja yang menempel pada dirinya. Entah itu nama, jabatan, asal usul dsb. Berbeda sebenarnya antara saya dan tubuh saya. Saya bukan sekedar seseorang yang memiliki nama, bukan juga manusia yang bergelar dokter atau apapun. Tapi semua itu adalah saya. Maka saya adalah saya.
Mengenal diri sendiri bukan sekedar mengenal nama, alamat, usia dan hal yang tercantum dalam CV kita. Dalam kehidupan sehari hari , kita banyak berhubungan dengan orang lain. Kita harus mengembangkan berbagai cara komunikasi efektif dengan orang lain untuk mencapai tujuan. Demikian pun dengan belajar mengenal diri sendiri, seseorang harus mengembangkan bentuk komunikasi timbal balik yang baik dengan dirinya sendiri agar tercipta tujuan hidupnya agar kehidupan nya semakin berkembang. dengan mengenali diri sendiri maka kita akan menyadari kemampuan dan bakat bakat kita serta tahu bagaimana menggunakannya demi mencapai tujuan.
Dengan begitu kita lebih mampu menemukan makna hidup yang sesungguhnya. Tuhan menciptakan kita sebagai manusia yang dasarnya hebat, namun kata hebat itu hanya bisa di capai lewat perjuangan dan proses belajar. Dalan proses belajar itulah kita perlu mengenali diri sendiri.
Semoga bermanfaat !

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.